Bisnis Seserahan Yohanes Chandra

seserahan-yohanes-eka-chandra

seserahan-yohanes-eka-chandra

Di budaya Indonesia, baik itu Jawa, Sunda, Batak, atau pun suku bangsa yang lain, pasti mengenal istilah seserahan atau hantaran ketika proses lamaran atau pernikahan. Seakan sudah melekat dengan tradisi, seserahan menjadi kewajiban dalam kelengkapan prasarana prosesi sakral pernikahan.

Bila dilihat menggunakan cara pandang ekonomi, produksi seserahan sebenarnya masuk ke dalam kategori ekonomi kreatif. Sebab, potensi pasar bagi bisnis atau usaha seserahan sangatlah tinggi. Bagaimanapun juga orang Indonesia itu tidak bisa dipisahkan dengan budaya yang telah membentuk dirinya.

yohanes-eka-chandra-bisnis-seserahan

Bahkan saat ini beberapa pemerintah kota dan kabupaten melalui program UKM (Usaha Kecil dan Menengah) membuat banyak pelatihan pembuatan seserahan. Dengan pelatihan tersebut diharapkan masyarakat luas mampu membuat seserahan dengan kualitas yang bagus. Banyak sekali kreasi dan inovasi yang bisa diterapkan pada bentuk-bentuk seseraha

Seiring dan senada dengan program pemerintah, pengusaha Yohanes Chandra Ekajaya juga membuat sebuah usaha yang bergerak di bidang seserahan. Dengan membuat usaha seserahan, maka ia mampu menyerap banyak tenaga kerja yang memang potensial untuk bekerja di bidang tersebut.

Yohanes Chandra Eka pun mengatakan bahwa bisnis seserahan tidak akan pernah ada matinya. Bisnis seserahan adalah bisnis yang akan terus hidup. Selama masih ada perempuan dan lelaki, maka pernikahan akan terus berlangsung, dan bisnis seserahan akan terus hidup dan selalu ada.

yohanes-eka-chandra-bisnis-seserahan

Meskipun banyak inovasi dan varian yang ditawarkan oleh Yohanes Chandra Ekajaya dalam pembuatan seserahan, tetapi ia juga masih tetap melayani model klasik yang sudah tetap paugeran atau aturannya. Baginya bisnis seserahan itu menyangkut harga diri calon mempelai dan keluarga mempelai. Oleh sebab itu, kualitas seserahan sangat diperhatikan dalam prosesi adat atau tradisi.

Selain mendirikan dan mengembangkan usaha di bidang seserahan, Yohanes Chandra Eka juga sering mengadakan pelatihan gratis bagi masyarakat. Baginya, ketika ia memberikan pelatihan membuat seserahan, bila memang ada yang berbakat dan memiliki potensi, maka ia akan mensupport supaya orang tersebut mendirikan usaha seserahannya sendiri. Semakin banyak usaha seserahan yang berdiri, maka masyarakat akan semakin banyak memiliki pilihan dan tawaran,

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*