Chandra Ekajaya Sukses Kedai Kampung ke Pasar Mancanegara

Yohanes Chandra Ekajaya
Yohanes Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya merupakan salah seorang pengusaha muda sukses asal Indonesia yang dikenal melalui salah satu bisnisnya yang bergerak menyediakan makanan Sunda. Dengan cita rasa yang istimewa, gerai bernama Kedai Kampung ini berdiri di tahun 2006, dimana sampai saat ini warung yang dikonsep bertema khas pedesaan di Jawa Barat ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Chandra Ekajaya mengaku bahwa Kedai Kampung telah melaju hingga memasuki pasar mancanegara seperti Malaysia, Australia, Selandia Baru, Kanada, Singapura, dan sebagainya.

Yohanes Chandra Ekajaya
Yohanes Chandra Ekajaya

Latar belakang berdirinya Kedai Kampung pun diceritakan oleh Chandra Ekajaya yang sadar bahwa masakan sunda memiliki cita rasa yang sangat pas dengan lidah orang Indonesia. Meski ia tidak pandai dalam meracik bumbu dan memasak, Chandra Ekajaya pun mengaku hanya tertarik serta melihat peluang bisnis masakan Sunda memang sangat diperhitungkan di pasar domestik.

Tak lupa, Chandra Ekajaya pun menceritakan bahwa keberhasilannya tidak lepas dari strategi bisnisnya yang sangat sistematis. Pasalnya, Chandra Ekajaya pun membidik target pasar agar dapat menguntungkan. Sasaran dari Kedai Kampung kebanyakan datang dari para pengunjung kelas menengah. Dengan harga yang ekonomis, antara Rp 45 ribu hingga Rp 65 ribu, rata-rata pengunjung pun untuk setiap harinya sekitar 300 hingga 400 pengunjung. Kini, karyawan Kedai Kampung pun juga telah banyak, dimana Chandra Ekajaya telah berhasil mempekerjakan sekitar 3000 orang. Sementara sang juru masak pun untuk satu outletnya minimal 10 orang juru masak.

Kini, selama hampir delapan tahun bisnis ini beroperasi, Chandra Ekajaya pun dirasa telah mendapatakan cukup banyak pengalaman pahit yang menimpa bisnisnya,  termasuk pada kualitas produk, layanan, strategi pemasaran, dan sebagainya yang kesemuanya butuh inovasi secara terus menerus agar dapat bersaing di pasar domestik maupun global. Menurut Chandra Ekajaya, kunci dari kesuksesan berbisnis terlaetak pada hal-hal yang sederhana seperti menjalin hubungan baik dengan karyawan, membuat franchise tidak sembarangan,dan selalu menekankan pada aspek kedisiplinan dalam semua lini ketika menjalani bisnis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*