Minyak Bahan Pokok Sumber Kehidupan

minyak

Minyak  yang merupakan sebuah cairan organik yang tidak dapat bercampur dalam air tetapi larut dalam pelarut organik. Ada pun sebagai sifat tambahan lain yang dikenal secara umum ialah sifatnya yang terasa licin ketika dipegang dipegang. Dalam hal ini yang dimaksud adalah minyak bumi, yaitu cairan yang terdapat di dalam bumi yang terbentuk dari material-material organik seperti fosil tanaman ataupun makhluk hidup lain yang sudah terkubur di dalam tanah selama jutaan tahun. Banyak sekali manfaat dari cairan yang satu ini, dan biasanya diolah menjadi sebuah bahan bakar ataupun sebagai pelumas sebuah mesin. Sejak zaman dahulu cairan ini sudah sangat berguna bagi manusia terutama sebagai bahan bakar pokok harian. Banyak hasil olahan dari cairan ini, dan biasanya diolah menjadi bensin, aftur, oli, dan masih banyak jenis lainnya.

Chandra Ekajaya, seorang pria lulusan s2 pertambangan dari sebuah kampus ternama di negeri ini merupakan salah satu orang yang fokus dalam hal penelitian tentang minyak bumi ini. Minat nya tentang cairan berharga satu ini muncul ketika ia masih kecil, sejak kecil yaitu usia SD ia sudah termotivasi untuk menjadi peneliti sekaligus pengusaha di bidang perminyakan. Ayahnya yang dahulu merupakan seorang penjual bensin dan minyak tanah membuat dirinya sangat terpacu untuk mengembangkan usaha di bidang ini. Hal yang membuatnya termotivasi ialah ketika harga cairan yang satu ini harga nya selalu naik dan selalu dibutuhkan di setiap nafas kehidupan, karena memang fungsinya yang sangat pokok dan sangat efisien.

minyak

Saat ini Chandra Ekajaya sudah menjadi seorang pengusaha sukses dan mempunyai beberapa perusahaan yang bergerak di bidang minyak. Dengan sebuah bendera company PT Chandra Ekajaya Oil, pengusaha satu ini dapat menjalankan proses bisnis nya dengan banyak inovasi yang selalu ia kembangkan di bidang yang ia geluti ini. Sudah banyak inovasi yang dikembangkan oleh pemuda satu ini salah satunya ialah minyak pelumas atau yang biasa disebut oil lubricant. Dalam sebuah inovasinya kali ini, ia mengembangkan sebuah oil lubricant yang dinilainya lebih unggul secara teknologi dan daya tahannya dibanding hasil oil lubricant produksi perusahaan lain nya, dengan banyaknya tenaga dan waktu yang ia kerahkan dalam meneliti cairan pelumas satu ini, ia menyadari satu hal yaitu, bahwa oil lubricant pada umumnya hanyalah berfungsi sebagai pelumas saja dan tidak memberikan manfaat lain selain sebagai pelicin komponen-komponen yang ada di dalam mesin saja.

Saat proses pengembangan pelumas ini tentunya banyak sekali hal yang terjadi, dan tentunya tidak semudah yang dibayangkan ketika kita harus meneliti sebuah hasil olahan produk cairan yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu di dalam perut bumi itu. Penelitian yang ia jalankan berjalan selama tiga tahun, yaitu sejak tahun 2002 hingga 2005. Hanya dengan bermodalkan keilmuan yang ia dapatkan pada saat di bangku kuliah dulu, ternyata malah banyak hal yang bisa ia terapkan di penelitian tersebut. Sebuah produk baru yang dimunculkan dari perusahaan minyak yang penuh inovasi, PT Chandra Ekajaya Oil ini merupakan sebuah trobosan baru di produk lubricant oil. Dengan manfaatnya sebagai pendingin mesin selain sebagai pelumas ternyata membuat produk nya yang bernama Cooled Lubricant Oil atau biasa disingkat CLO ini menjadi pemenang dalam The Best Inovative Produk Award tahun 2010 silam.

Hingga saat ini dalam sebulan produksi CLO ini sudahmencapai puluhan ribu botol. Untuk pendistribusiannya sendiri dilakukan seperti biasa, yaitu dipasarkan melalui bengkel-bengkel otomotif maupun toko-toko mekanik yang berhubungan dengan mesin. Ini lah keistimewaan dari CLO yang berguna tidak hanya pada mesin kendaraan tetapi juga pada semua mesin yang menggunakan sistem mekanik. Salah satu keistimewaan dari produk CLO ini ialah sudah mencapai pasar ekspor ke beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapore, dan Thailand. Kesuksesan yang Chandra Ekajaya peroleh saat ini tentunya bukanlah didapatkan secara instan, melainkan dengan penuh perjuangan.

Dengan masa kecil dan masa remaja yang kekurangan ia tak pernah menyerah dalam menghadapi hidup, karena menurutnya menyerah itu hanyalah bagi orang kalah. Kata menyerah dan mengalah itu sangatlah berbeda baginya. Baginya kata menyerah ialah menyudahi apa yang sudah ia kerjakan dan tidak mau berusaha lagi untuk melanjutkan impian yang ingin dicapainya dan mengalah menurutnya ialah menahan diri dan mempersilahkan pesaingnya untuk berkembang lebih dahulu untuk dipelajari sistem yang berjalan di dalamnya  sehingga bisa sukses dan meng inovasinya menjadi sebuah sistem baru yang lebih berguna dan bermanfaat.

minyak

Prinsip-prinsip itulah yang membuatnya bisa mencapai puncak kesuksesan hingga saat ini. Dari pengalaman hidupnya itu ia belajar tentang bagaimana kata usaha dan berjuang ini ditempatkan. Kedua orangtuanya ialah sosok yang sangat berharga baginya, karena sudah bisa meghantarkan dirinya menjadi seorang pengusaha yang sukses dan memiliki sebuah company yang bernama PT Chandra Ekajaya Oil dengan ribuan pegawai di dalamnya. Berdirinya perusahaan ini tentunya tidak menutup matanya untuk melihat orang-orang yang senasib dengannya dulu ketika sewaktu kecil. Dengan banyaknya program CSR di perusahaannya tiap bulan membuat pengusaha ini tak pernah berhenti membantu sesama. Program CSR di perusahaannya yang lebih menitik beratkan di masalah pendidikan ini ternyata sangat membantu sekali bagi masyarakat yang kurang mampu seperti dirinya dahulu.

Banyak anak asuh dari PT Chandra Ekajaya Oil yang sudah mengenyam pendidikan dengan baik. Tidak sedikit dari mereka yang sukses menjadi orang yang dibanggakan orangtuanya karena program ini. Pendidikan mereka yang dibiayai oleh Chandra Ekajaya secara penuh dari SMP hingga SMA ini telah melahirkan banyak bocah berkualitas. Untuk jenjang perkuliaha sendiri pihak PT Chandra Ekajaya Oil menetapkan sebuah program seleksi bibit unggul, yang nantinya para anak asuh yang dibinanya akan diseleksi untuk masalah minat, bakat dan prestasi. Dari hasil seleksi ini nanti mereka yang lolos akan diberi kesempatan untuk memilih Universitas yang mereka inginkan dan dibiayai hingga lulus S1. Dalam program ini juga ia menarget para mahasiswa binaannya untuk selalu berkembang dan mempunyai standar IPK minimal 3.00.

Selain program anak asuh dan bantuan biaya pendidikan. Pengusaha minyak satu ini juga memperhatikan sekali masalah kualitas pendidikan. Ada puluhan sekolah dari jenjang SD hingga SMA yang menurutnya kurang layak dan kekurangan akan dibantu dari segi fasilitas dan akses hingga membuat kualitas anak didik yang ada di dalamnya menjadi lebih nyaman dan mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh guru-guru mereka. Banyak hal yang bisa kita pelajari dari kisah pengusaha Chandra Ekajaya selaku pemili PT Chandra Ekajaya Oil ini. berawal dari sebuah keprihatinan yang ada di masa kecilnya dan semangat pantang menyerah serta saling berbagi ternyata dapat mengantarkannya menuju sebuah gerbang kesuksesan yang tidak pernah ia kira sejak dahulu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*