Presiden Jokowi Bukan Kabur, Tapi Sedang Blusukan Untuk Membebaskan Lahan

Presiden Jokowi Bukan Kabur, Tapi Sedang Blusukan Untuk Membebaskan Lahan

Pada demonstrasi 4 November 2016, pihak demonstran banyak yang menyayangkan respon Presiden Jokowi yang tidak menemui mereka. Sehingga yang bersedia menemui adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla. Berdasarkan informasi yang diperoleh, ternyata Presiden Jokowi bukan tidak mau atau tidak ingin menemui para demonstran, tetapi beliau sedang melakukan pengecekan langsung pembangunan infrastruktur di Bandara Soekarno-Hatta.

Pembangunan yang dimaksud salah satunya adalah moda transportasi yang berupa kereta bandara. Presiden Jokowi berangkat pada pukul 11.00 WIB dari Istana Negara, dan tiba di lokasi menjelang sholat Jumat. Setelah sholat Jumat di masjid bandara, Presiden Jokowi langsung menuju lokasi. Menurut Jokowi, moda transportasi kereta bandara akan selesai pada pertengahan tahun 2017 di bulan Juni atau Juli.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa masih ada satu lahan seluas 800 meter persegi yang belum dibebaskan. Lahan tersebut adalah lahan milik sebuah pabrik kaca yang bernama PT. Fortune Glass.

Ada  4,5 hektar lahan yang terkena pembebasan. Lahan yang dibebaskan tersebut digunakan untuk proyek kereta bandara dan tol Kunciran-Bandara. Presiden Jokowi menargetkan bahwa pembebasan lahan akan selesai seluruhnya pada akhir tahun 2016.

Mengenai aksi demo 4 November 2016, Presiden Jokowi mengatakan bahwa beliau sudah mendengar mengenai informasi tersebut. Oleh sebab itu, pada hari Senin 31 Oktober 2016, beliau sudah memberikan instruksi untuk memfasilitasi dan mengantisipasi demonstrasi tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa demonstrasi merupakan hak demokrasi warga negara. Beliau pun juga sudah memberikan instruksi kepada aparat keamanan.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi aksi demonstrasi damai para ulama tersebut. Beliau berterima kasih kepada para ulama, habib, kiai, dan ustadz yang sudah memimpin pengikutnya sehingga demonstrasi berjalan tertib dan damai. Tetapi, Presiden Jokowi juga menyesalkan peristiwa kerusuhan yang terjadi . Beliau mengatakan bahwa kerusuhan itu terjadi karena dimanfaatkan oleh para politisi yang ingin menungganggi situasi tersebut.

Sebagai kepala negara, Presiden Jokowi pun telah menginstruksikan Wakil Presiden untuk menemui perwakilan demonstran. Wakil Presiden didampingi Menag, Mensesneg, Menkopolhukam, Seskab, Kapolri, dan Panglima TNI ketika menemui perwakilan pengunjuk rasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*